Pengalaman gagal SNMPTN dan tips untuk lulus(Share pengalaman)

Selalu muncul dalam benak saya coba saja saya bisa kembali ke masa lalu, seandainya saja saya tahu lebih awal tentang SNMPTN, pasti saya bisa mempersiapkannya lebih awal.
Pada awalnya saya tidak tahu seperti apa itu SNMPTN. Setelah lulus SMA saya segera bersiap untuk tes SNMPTN. Saya hanya membaca sekilas mengenai materi-materi di SMA yang lalu. Dalam pikiran saya, SNMPTN hanya tes biasa yang tidak terlalu sulit, bisa dibilang saya menganggap remeh SNMPTN. Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang saya lakukan. Target saya adalah kedokteran UNHAS, saya coba cek info jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima di jurusan tersebut dan “busyett!! Banyak bener peminatnya.. perbandingan pendaftar dan daya tampungnya kok jauh beda banget, untuk tahun sebelumnya saja jumlah pendaftar 4500 orang yang diterima cuma puluhan orang. Artinya saya harus bersaing dengan 50-an orang untuk dapatkan satu kursi. Saya sempat ragu untuk masuk disana, memang ada PTN lain yang lebih sedikit pendaftarnya tetapi dalam pikiran saya, apakah PTN tersebut berkualitas? Akhirnya pada pendaftaran SNMPTN saya memilih Kedokteran dan FKM UNHAS , dan keduanya memiliki peminat yang sangat banyak. Saya memang tahu kedua jurusan tersebut memiliki persaingan yang sangat banyak tapi bagaimana lagi? Kedua jurusan tersebut memang favorit saya.
Pada hari H saya benar-benar kaget, gila!! Waktunya Cuma sejam, soalnya banyak lagi, yang paling parah jawabnya pake lembar LJK yang ngabisin waktu banget. Sebelum pengumuman saya memang sudah pasrah gak lulus dan akhirnya memang saya gak lulus. Hancur betul perasaan saya waktu itu rasanya mau nangis..
Dari pengalaman saya ada 3 hal yang membuat saya gagal. Pertama, saya tidak cari info jauh hari sebelum SNMPTN, kedua, saya menganggap remeh SNMPTN(my great mistake), ketiga, saya salah strategi dalam pemilihan jurusan. Dari pengalaman kegagalan SNMPTN 2011 saya mencoba untuk tes SNMPTN 2012. Dan akhirnya puji Tuhan saya lulus.

Dari pengalaman saya, berikut beberapa tips bagi anda yang ikut tes SNMPTN:
  1. Mengingat kembali materi sekolah dengan latihan-latihan soal, mengerjakan latihan soal merupakan cara tepat untuk mengifisienkan waktu belajar. Belajar dengan cara membaca materi Cuma menghabiskan waktu saja.
  2.  Cari tahu info tentang SNMPTN. Di internet banyak mengenai SNMPTN, ini kan membantu anda dalama menyusun strategi saat belajar dan pada saat hari H
  3. Jangan pernah berharap dengan joki. Untuk mendapatkan joki terutama di kota-kota besar saya akui memang tidak sulit. Tapi saya tidak menyarankan itu, jika anda berharap dengan adanya joki, semangat belajar anda akan menurun dan yang paling parah siapapun yang ketahuan menggunakan joki saat SNMPTN akan di blacklist di seluruh PTN
  4.  Mengikuti bimbel. Jika anda memiliki buget yang cukup, mengikuti bimbel adalah hal yang tepat. Untuk bimbel SNMPTN sendiri biasanya ada 2 yaitu bimbel Intensif(selama 1 tahun sebelum SNMPTN) dan Super Intensif(selama 2 bulan sebelum SNMPTN).
  5. Persiapkanlah strategi secara matang. Anda harus ingat , walaupun SNMPTN cuma sejam(untuk TPA) tetapi itu akan menentukan nasib hidup anda selanjutnya. Persiapkanlah strategi secara matang, misalnya strategi dalam belajar, strategi pemilihan jurusan, ataupun strategi saat hari H. usahakan se-perfect mungkin.
  6.  Strategi pemilihan jurusan yang tepat. Pertama anda harus fokus pada satu jurusan. Kedua, pada pilihan pertama pilih jurusan di universitas favorit anda(tentu dengan passing grade tinggi), pada pilihan kedua pilihlah jurusan di universitas yang memiliki passing grade rendah. Ingat target anda adalah lulus SNMPTN jadi jangan sekali-kali memilih passing grade tinggi untuk keduanya. Bukannya saya meremehkan kemampuan anda, tapi untuk cari aman saja.
Demikian share pengalaman SNMPTN dari saya, semoga dapat membantu bagi adik-adik yang akan mengikuti tes SNMPTN. GBU

Tinggalkan Balasan

