Pentingnya Donor Darah

Darah adalah cairan yang terdapat pada tubuh yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Kurangnya darah pada tubuh manusia bisa mengakibatkan meninggalnya seseorang, ini bisa ditangani dengan melakukan transfusi darah dari seorang pendonor.
Kebutuhan darah yang semakin menipis
Seberapa pentingkah donor darah? Palang Merah Australia menyampaikan bahwa “80% orang Australia akan membutuhkan transfusi darah suatu saat pada hidup mereka, tetapi hanya 3% yang menyumbang darah setiap tahun”.(sumber: Wikipedia.org). Di Indonesia sendiri dari sekitar 4,5 juta kantong yang dibutuhkan per tahun (2% jumlah penduduk Indonesia), jumlah donasi masih sekitar 2,1 juta kantong dan baru sekitar 70% di antaranya yang berasal dari donor sukarela. Bahkan, di beberapa daerah didominasi oleh donor pengganti berasal dari donor bayaran. Sekedar info, setiap tahun ada sekitar 28 persen Angka Kesehatan Ibu (AKI) akibat pendarahan, oleh karena itu, sangat perlunya pasokan darah aman, dari data-data tersebut membuktikan akan pentingnya donor darah.
Manfaat donor darah
  • Meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan melakukan donor darah anda mengurangi jumlah sel darah merah dalam tubuh, ini akan merangsang produksi sel darah merah yang baru. Jadi anda tak perlu khawatir dengan berkurangnya sel darah merah, karena tubuh akan segera memproduksi sel darah merah yang telah hilang.
  • Mendapatkan kesehatan psikologis. Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan, akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.
  • Mendeteksi penyakit serius. Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur petugas akan memeriksa berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Ini akan menginformasikan kesehatan anda, sehingga anda akan bisa mengantisipasi jika anda mengidap penyakit tertentu. Anda tidak perlu buang-buang uang 100 ribu hanya untuk medical check up, bisa dibilang ini adalah tes kesehatan gratis🙂
Persyaratan bagi pendonor darah
Untuk dapat menyumbangkan darah, seorang donor darah harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  •  calon donor harus berusia 17-60 tahun,
  •  berat badan minimal 50 kg
  •  kadar hemoglobin >12,5 gr%
  •  tekanan darah 100-150 (sistole) dan 70-100 (diastole).
  •  menandatangani formulir pendaftaranan
  • tidak mengalami gangguan pada pembekuan darah
  • lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan pemeriksaan oleh dokter
  • Tidak hamil, menyusui, menstruasi (bagi wanita)
  • Tidak menderita penyakit infeksi ; malaria, hepatitis, HIV/AIDS.
  • Bukan pencandu alkohol/narkoba
 
Dimana tempat melakukan donor darah?
Jika anda berminat mendonorkan darah anda, anda datang saja di kantor cabang PMI yang berada di berbagai daerah. Atau juga pada saat tertentu akan dilakukan acara donor darah di tempat-tempat keramaian, misalnya di pusat perbelanjaan, kantor perusahaan besar, tempat ibadah, serta sekolah dan universitas.
Dengan anda mendonorkan darah anda, sama saja anda menyelamatkan nyawa orang lain. Jadi, donorkan darah anda segera, banyak nyawa yang membutuhkan darah anda. Orang yang mendonorkan darahnya adalah seorang pahlawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s