Keintiman dengan Allah

Keintiman dengan Allah adalah suatu keadaan dekat dengan Allah dimana terjadi komunikasi dua arah antara manusia dan Allah. Keintiman dengan Tuhan adalah suatu hal yang mutlak bagi seorang pengikut Kristus. Dengan kita intim dengan Allah, kita bisa menyampaikan apa yang kita butuhkan, dan yang paling penting adalah kita bisa mengetahui rencana Allah. TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka( Mazmur 25:14).
Dengan kita intim dengan Allah kita bukan hanya hamba Tuhan saja, tetapi juga sahabatnya. Aku tidak menyebut kamu lagi hamb, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapai Aku menyebut kamu sahabat, karena aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku(Yohanes 15:15). Dari ayat tersebut kita bisa melihat bahwa Tuhan sangat ingin bergaul karib dengan kita manusia. Bukan kita dahulu yang ingin datang kepada-Nya, melainkan Dia dahulu yang datang kepada kita.
Seberapa besarkah gairah Tuhan untuk bisa bersekutu denga manusia? Jika kita membaca Alkitab dan melihat perjuangan Kristus dalam dunia ini, kita akan tahu seberapa besar keinginan-Nya tersebut.
Ia adalah Maha Tinggi, Maha Suci, Maha Tinggi, tetapi Ia rela menjelma menjadi manusiadan mengalami tantangan dan siksaan di dunia ini. Coba bayangkan hal tersebut. Apakah ada manusia yang mau melakukan hal tersebut? Itulah bukti yang sangat kuat bahwa Tuhan ingin membuka jalan perdamaian antara Tuhan dan manusia melalui pengorbanan-Nya di kayu salib.
Tuhan telah membuka jalan perdamaian agar kita(manusia) bisa datang dan intim kepada-Nya, dan yang sekarang kita lakukan adalah bagaimana kita bisa dekat kepada-Nya.
Bagaimanakah kita bisa intim dengan Tuhan? Bagaimana melakukan-Nya? Untuk bisa intim dengan Tuhan itu simple tapi cukup sulit menjalankannya(menurut saya pribadi). Untuk bisa intim dengan Tuhan, kita harus bisa berkomunikasi dua arah dengan Tuhan. Dalam arti kita berbicara kepada Tuhan melalui doa-doa kita dan kita juga harus menanggapi apa yang dikatakan oleh Tuhan, yaitu melalui suara-Nya. Seperti apakah suara Tuhan itu? Suara Tuhan adalah suara yang muncul dalam hati kita ketika kita mengilhami firman Tuhan. Ada banyak suara dalam hati kita, yang manakah suara Tuhan itu? Suara Tuhan yaitu suara yang sesuai dengan apa yang difirmankan oleh Tuhan melalui Alkitab dan yang akan menghasilkan buah-buah roh(baca Galatia 5:22-23). Oleh Karenna itu perhatikanlah suara Tuhan, jangan sampai kita tersesat dengan suara hati kita yang berasal dari keinginan daging.
Kita intim dengan Tuhan bukan hanya saat kita berdoa saja, melainkan juga saat kita melakukan aktifitas sehari-hari. Kita harus selalu mengingat Tuhan(firman-Nya) agar kita bisa berpikir dan bertindak sesuai dengan apa yang difirmankan-Nya. Dan jangan sampai kita disesatkan oleh iblis dengan godaan dunia ini.
Bagaimana kita bergaul karib dengan Allah? Bergaul karib dengan karib dengan Alah berarti kita menjadi sahabat-Nya. Untuk menjadi sahabat-Nya kita harus melakukan apa yang dikehendaki-Nya dan menjauhi apa yang dibenci-Nya. Ia adalah Maha Kudus, Ia sangat tidak suka jika kita melakukan perbuatan dosa. Karena bagi Allah dosa adalah pengkhianatan dan itu sangat menjijikkan, oleh Karenna itu jauhilah perbuatan dosa.
Berdoa dan bacalah firman-Nya setiap saat pencobaan datang dan sebisa mungkin kuasailah diri anda.
Jika suatu saat anda kalah terhadap dosa , jangan itu membuat anda malah kurang percaya diri dan tidak mau datang kepada Tuhan. Tuhan tidak akah menolak diri kita selama kita sungguh-sungguh meminta ampun dan mengakui kesalahan kita. Ingat , Kristus telah rela menderita demi kita(manusia) untuk menyelamatkan kita, Ia sugguh-sungguh ingin bergaul karib dengan kita, oleh karena itu jangan pernah malu datang kepada-Nya hanya karena anda seorang berdosa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s