Apa yang anda lakukan jika hidup anda hanya 2 bulan? belajarlah kepada semut

red-ant _ irton madikaKetika saya membuka alkitab saya, tampaklah sebuah pembatas alkitab. Saya mendapatkannya dari anak sekolah minggu yang biasa membagikannya di pintu gereja. Di situ tertulis ayat alkitab yang menautkan pada kitab Amsal 6:6. Yang berbunyi: “HAI PEMALAS, PERGILAH KEPADA SEMUT, PERHATIKANLAH LAKUNYA DAN JADILAH BIJAK”

Saya cukup tertarik dengan hewankecil ini, sehingga saya googling di internet tentang mereka.
Jika dibandingkan dari segi kecerdasan, memang semut kalah jauh dari manusia. Tetapi banyak yang kita bisa pelajari hewan kecil ini. Salah satunya adalah bagaimana mereka bisa memanfaatkan waktu hidup mereka secara efisien.
Dari sumber yang saya dapat, jangka waktu hidup semut normalnya 2 bulan, itu adalah waktu yang sangat singkat untuk memandang dunia ini. Yang membuat saya tertarik dengan hewan kecil ini adalah bagaimana mereka terus bekerja siang malam tanpa henti hingga mereka mati.

semut _ irton madika

Umur bukanlah alasan bagi mereka untuk tidak bisa berkarya. Mereka tidak mau melewatkan sedetik pun waktu dalam hidup mereka untuk bermalas-malasan.

Mereka menghasilkan karya yang mengagumkan.

rumah semut musamus

2 thoughts on “Apa yang anda lakukan jika hidup anda hanya 2 bulan? belajarlah kepada semut

Tinggalkan Balasan

