The true love

Pasti dari kecil sahabat pernah mendengar kasih “agape, eros, filia, dan storge”. Itu adalah bahasa Yunani, jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sama-sama berarti cinta atau kasih tetapi dalam bahasa aslinya sendiri (Yunani) memiliki arti yang berbeda.
Kasih eros, itulah cinta yang terkenal dialamioleh anak muda, soalnya pada masa mudalah mulai timbul ketertarikan terhadap lawan jenis. Namun, kasih ini berorientasi pada kasih secara seksual atau birahi. Kasih ini menuntut kenikmatan seksual dari lawan jenisnya. Kasih ini jika tidak dapat dikendalikan dapat memicu perzinahan yang merusak nilai moral dari anak-anak Tuhan.
Kasih filia, kasih ini muncul pada saat anda dekat dengan seseorang, entah itu kenalan, teman atau pun sahabat. Kasih ini berorientasi pada orang yang kita kenal. Memang baik jika kita mengasihi teman atau sahabat kita. Namun Tuhan Yesus berfirman bahwa kita juga harus mengasihi musuh kita (band Matius 5:44).
Kasih storge, kasih ini adalah kasih yang timbul dari hubungan orang tua dan anaknya.
Kasih agape, inilah kasih yang sejati. Kasih yang tidak menuntut balas budi. Kasih yang tak memandang siapa pun yang harus di kasihi. Kasih inilah yang dibicarakan oleh Tuhan Yesus tentang orang samaria murah hari yang menolong seorang yahudi padahal dari kaum yahudi sendiri sangat membenci dan merendahkan orang samaria (Lukas 10:25-37). Bukan hanya itu, Yesus juga mempraktekkan bagaimana melakukan kasih itu, yaitu dengan mengorbankan diri-Nya di atas kayu salib untuk menebus dosa manusia (band Yoh 3:16). Seberdosa apapun manusia, asal kita mau percaya kepada-Nya, Ia tetap akan menerima kita.
Kasih eros, filia, dan storge. Ketiga kasih itu memang sudah secara natural ada dalam insting kedagingan manusia. Kasih eros merupakan salah satu cara bertahan mahluk hidup dengan cara menimbulkan daya tarik lawan jenis untuk bereproduksi. Kasih storge pun demikian, dengan adanya kasih sayang dari orang tua kepada anak, memungkinkan orang tua untuk lebih merawat anaknya sehingga anaknya tersebut bisa bertumbuh dengan baik, bahkan hewan pun memiliki kasih tersebut, bayangkan saja misalkan jika kasih storge tidak ada, induk singa pasti akan menyantap anaknya begitu lahir.
Namun, dari semua kasih itu kita harus ingat akan kasih yang utama, kasih yang membedakan kita yang hidup oleh Roh Allah, dengan orang-orang yang masih hidup dalam kedagingan. Kasih itu ialah kasih AGAPE.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s